Minggu, 31 Mei 2015

TUGAS SOFTSKILL 3: ETIKA PROFESI

Nama   : Fransiska Putri Sekarmayang
Kelas   : 4ID04
NPM    : 32411950

Tugas Etika Profesi
(Resensi Kasus Tentang Implementasi Standar Manajemen Di Suatu Perusahaan)

Judul Jurnal         : Penerapan Standar Sistem Manajemen Mutu (ISO) 9001:2008 Pada Kontraktor PT. Tunas Jaya Sanur (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel).
Sumber Rujukan : Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil Volume 2, No.1, Februari 2013, Universitas Udayana, Denpasar.
Link                     : (melalui situs resmi) http://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article/view/5096/3883

Penulis Jurnal       : Made Arya Wira Santosa, Rai. Widhiawati, dan Gede Astawa Diputra

Resensi Jurnal:
Jurnal dengan judul “Penerapan Standar Sistem Manajemen Mutu (ISO) 9001:2008 Pada Kontraktor PT. Tunas” ini dibuat oleh alumni Teknik Sipil Universitas Udayana, yaitu Made Arya Wira Santosa, dengan dosen Teknik Sipil Universitas Udayana, yaitu Rai Widhiawati dan Gede Astawa Diputra. Jurnal ini membahas tentang penerapan standar sistem mutu ISO 9001:2008 yang dilakukan oleh PT. Tunas Jaya Sanur dengan implementasinya terhadap studi kasus pada proyek pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel, di Kuta-Badung. PT. Tunas Jaya Sanur adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi, dan perusahaan tersebut telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008. Standar manajemen ISO 9001:2008 adalah hasil revisi dari sistem manajemen ISO 9001 pada tahun 2008, yang secara garis besar tidak terlalu jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu ISO 9001:2000. Perbedaannya secara signifikan terletak pada efektivitas proses yang dilaksanakan dalam suatu organisasi. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, namun merupakan standar sistem manajemen kualitas, dimana sistem ISO ini berprinsip pada TQM (Total Quality Management). Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimanakah penerapan standar mutu ISO 9001:2008 yang dilaksanakan oleh PT. Tunas Jaya Sanur dalam proyek pembangunan Apartment Sea Sentosa, serta faktor-faktor apa sajakah yang menjadi kendala dalam penerapannya. Sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 terdiri dari 8 klausul, namun dalam jurnal ini yang akan dibahas implementasinya hanya klausul 4 (Sistem Manajemen Mutu), klausul 5  (Tanggung Jawab Manajemen), klausul 6  (Manajemen Sumber Daya), klausul 7 (Realisasi Produk), dan klausul 8 (Pengukuran Analisis dan Peningkatan). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data primer melalui kuisioner dan wawancara serta data sekunder dengan observasi. Dalam menganalisa data hasil kuisioner dan wawancara, dilakukan penilaian/scoring menggunakan perhitungan Skala Libert. Kuisioner diisi oleh responden terpilih, yaitu Project Manager Sea Sentosa, Site Manajer Sea Sentosa, Pelaksana Lapangan Sea Sentosa 1, dan Pelaksana Lapangan Sea Sentosa 1. Hasil rekapitulasi menggunakan Skala Likert untuk penerapan Klausul 4 adalah 85,20% , untuk Klausul 5 sebesar 78,24%, untuk Klausul 6 sebesar 82,64%, untuk Klausul 7 sebesar 91,20%, dan untuk Klausul 8 sebesar 91,18%, maka jika dirata-ratakan, tingkat penerapan ISO 9001:2008 pada PT. Tunas Jaya Sanur pada proyek pembangunan Apartment&Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel adalah sebesar 85,69% (termasuk kategori Baik Sekali, 81%<Skor<100%). Faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan ISO 9001:2008 pada PT. Tunas Jaya Sanur adalah tenaga kerja (SDM) karena tenaga kerja sering mengabaikan kebijakan mutu yang telah ada, metode atau prosedur kerja, dan material berupa form atau dokumen.